Pengertian Siakad

Apa pengertian siakad? Pernahkah kamu mendengar Siakad? Atau mungkin kamu bertanya-tanya apa itu siakad? Siakad kepanjangan dari Sistem Informasi Akademik.

Dimana sistem inilah yang digunakan oleh pihak perguruan tinggi atau akademik untuk merancang dan mengelola data-data akademik seraya memanfaatkan teknologi komputer yang sudah ada. 

Teknologi komputer itu sendiri memiliki dua bentuk yaitu hardware dan software. Kedua proses inilah yang sering digunakan untuk yang mendukung tercapainya mengelola informasi sekaligus mengelola manajemen perguruan tinggi.

Sering juga Siakad ini membantu dalam hal pengambilan keputusan bagi top manajemen di perguruan tinggi.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak hanya mengulas apa itu siakad? Tetapi juga akan mengulas beberapa fakta lain yang seringkali diabaikan. Penasaran seperti apa dan apa saja? Simak ulasan berikut. 

Fungsi Siakad 

Jadi apa itu siakad juga memiliki fungsi utama loh. Selain sebagai pusat informasi, siakad juga dapat difungsikan untuk beberapa hal penting, misalnya sebagai sistem integrasi data, media komunitas pengguna, rekam kegiatan kampus, memudahkan proses pengelolaan data akademik dan non akademik.

Tentu saja dari semua fungsi di atas memberikan manfaat banyak. Tidak hanya bermanfaat untuk perguruan tinggi dan dosen, tetapi juga bermanfaat untuk mahasiswa. 

Salah satu manfaat untuk mahasiswa adalah mahasiswa lebih praktis dalam mengisi KRS, mudah pula setiap kali mahasiswa melakukan registrasi maupun pembayaran.

Adapun manfaat lain, seperti mudah mengetahui data IP per semester, mudah melihat jadwal kuliah, mudah mengetahui nilai dari hasil ujian dan masih banyak lagi sebenarnya. 

Tujuan Siakad 

Sebagai sistem, maka sistem informasi ini pun sebenarnya memiliki peran dan tanggung jawab yang besar di ranah pendidikan.

Salah satunya membantu dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan agar fasilitas dan pelayanan informasi memadai, efektif dan lebih baik.

Scroll to Top