123 Tahun Khidmah untuk Pendidikan Sinergi untuk Reinvensi Keunggulan

Late Post “Institut Agama Islam Menyelenggarakan Kuliah Kerja Sosial di Salah Satu Kelurahan Kebon Melati Jakarta”

  1. Home
  2. Berita
  3. Late Post “Institut Agama Islam Menyelenggarakan Kuliah Kerja Sosial di Salah Satu Kelurahan Kebon Melati…

Jakarta – Sebuah institut agama Islam di Jakarta bekerja sama dengan Kelurahan Kebon Melati di Jakarta Pusat menyelenggarakan program Kuliah Kerja Sosial (KKS) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang berlangsung selama dua bulan pada Maret dan April 2024 ini melibatkan dosen dan mahasiswa dari institut tersebut.

Program KKS bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keahlian yang dimiliki sivitas akademika dalam membantu menyelesaikan permasalahan sosial kemasyarakatan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat.

Pimpinan Kelurahan Kebon Melati menyambut baik inisiatif institut dalam melaksanakan KKS di wilayahnya. Beliau mengapresiasi pemilihan Kelurahan Kebon Melati sebagai lokasi KKS dan berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata bagi warga setempat.

Di sisi lain, ketua tim KKS dari institut menjelaskan bahwa program ini merupakan wujud komitmen mereka dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma pengabdian kepada masyarakat. Melalui KKS, mereka ingin berkontribusi langsung dalam pembangunan masyarakat dengan memberdayakan potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Selama KKS berlangsung, mahasiswa di bawah bimbingan dosen melakukan berbagai kegiatan seperti penyuluhan kesehatan, pelatihan kewirausahaan, bimbingan belajar, serta kegiatan sosial lainnya. Mereka berinteraksi langsung dengan warga Kebon Melati untuk memahami kebutuhan dan potensi yang dapat dikembangkan.

Pimpinan institut berharap program KKS dapat terus diselenggarakan secara berkelanjutan. KKS dipandang sebagai program strategis untuk mewujudkan peran perguruan tinggi dalam memajukan masyarakat. Ke depannya, institut akan memperluas jangkauan wilayah KKS dan memperkuat sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Pelaksanaan KKS di Kelurahan Kebon Melati Jakarta Pusat ini diharapkan dapat menjadi model bagi perguruan tinggi lain dalam menyelenggarakan program serupa. Kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dianggap penting untuk mendorong kemajuan bangsa yang inklusif dan berkelanjutan.

Warga Kebon Melati mengapresiasi kehadiran mahasiswa KKS di lingkungan mereka. Banyak warga yang antusias mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan dan merasakan dampak positif dari program ini. Mereka berharap kerja sama antara institut dan kelurahan dapat terus berlanjut di masa mendatang.”

Institut Agama Islam Jamiat Kheir proudly presents
21May

Institut Agama Islam Jamiat Kheir proudly presents

Webinar Pendidikan Internasional 2024 "Pengaruh Pendidikan Islam dalam Pembentukan Etika

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024
20May

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024 dan Relevansinya dengan

1 2 3 9