Pengabdian Kepada Masyarakat (2)

Jakarta, Rabu, 19 Juli 2023 – Pada hari ini, Yayasan Sirojul Mubtadiin Al Fikri menjadi saksi dari sebuah acara pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh kelompok mahasiswa dan dosen dari Institut Agama Islam Jamiat Kheir Jakarta. Acara ini berlangsung di Jl. H. Rohimin RT 17/RW 3 No. 47, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Acara yang dimulai pukul 13.00 ini diawali dengan pembukaan oleh MC, Hasnan, dan Siti. Setelah itu, suasana menjadi khusyuk dengan dilantunkan tilawah oleh Indah dan sambutan tilawah dari Fitri.

Tidak lama kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari beberapa narasumber. Bapak Haryadi, M.Pd sebagai dosen pengampu, memberikan sambutan pertama dengan membahas tentang pentingnya keselarasan nilai-nilai Pancasila dan agama dalam kehidupan masyarakat. Selanjutnya, ketua kelompok A, Bung Raihan Fahresi, menyampaikan sambutan kedua dengan mengungkapkan semangat pengabdian mereka kepada masyarakat. Sambutan terakhir disampaikan oleh Ustadz Zainal Fikri, selaku Kepala Yayasan, yang mengapresiasi dedikasi dari mahasiswa dan dosen dalam berkontribusi untuk masyarakat.

Pukul 13.30, materi pertama dengan tema “Keselarasan Nilai-nilai Pancasila dan Agama dalam Kehidupan Masyarakat” disampaikan oleh Kak Rizal dan Pak Hendi. Materi ini menjadi ajang untuk mendalami betapa pentingnya harmoni dan kerukunan antara Pancasila sebagai dasar negara dan nilai-nilai agama dalam membentuk masyarakat yang lebih baik.

Tak hanya itu, peserta acara juga disuguhi dengan atraksi boneka Palestina yang menggugah emosi. Atraksi ini disajikan oleh Jack dan Basyir untuk memberikan pemahaman tentang isu-isu kemanusiaan yang terjadi di luar negeri.

Kegembiraan hadir pada sesi berikutnya, di mana diadakan berbagai permainan oleh Indah, Fitri, dan Rahma, yang berhasil memancing tawa dari seluruh hadirin. Setelah itu, dilakukan pembagian doorprize yang dipandu oleh bang Arwani dan tim.

Saat memasuki pukul 14.25, momen penting pun tiba, yaitu penyerahan sertifikat oleh dosen pengampu kepada ketua yayasan sebagai tanda apresiasi atas kontribusi mahasiswa dan dosen dalam acara pengabdian kepada masyarakat ini. Kemudian, ketua kelompok A menyerahkan souvenir berupa parcel buah sebagai tanda terima kasih kepada pihak yayasan atas dukungannya.

Tidak lupa untuk mengabadikan kenangan, dilaksanakan sesi foto bersama yang dipandu oleh Bobby dan Rahmat. Sebelum acara berakhir, bang Arwani membacakan doa penutup, dan kata penutup disampaikan oleh MC sebagai tanda bahwa acara ini telah selesai.

Tentunya, setelah perayaan yang meriah, peserta dan panitia tidak lupa untuk berbagi dan bersantap bersama. Abdul Rahim mengatur pembagian konsumsi agar seluruh peserta dapat menikmati hidangan dengan nikmat.

Pukul 15.05, kegiatan MaBar (Makan Bareng) berlangsung, yang diorganisir oleh bu Dian dan tim. Acara pengabdian ini ditutup dengan penuh kebahagiaan dan kebersamaan.

Semoga pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan oleh kelompok A mahasiswa dan dosen Institut Agama Islam Jamiat Kheir Jakarta dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.