123 Tahun Khidmah untuk Pendidikan Sinergi untuk Reinvensi Keunggulan

Pengabdian Masyarakat Juli 2023

  1. Home
  2. Uncategorized
  3. Pengabdian Masyarakat Juli 2023

Pada Rabu, 5 Juli 2023, Dosen Kewiraan Bp. Hariyadi, M.Pd dan kelompok B mahasiswa dari Institut Agama Islam Jamiat Kheir yang beranggotakan Abdul Hamid, Asep Fauzan, Fahrul Azhari, Khairul Anam, Muhammad Dzikri Abdul Karim, Muhammad Fadhlan Syakir, Muhammad Noor Yazid, Muhammad Syauqi, Rites Faisal Loing, Risna Salsabila, Hj. Siti Zakiyah, Hj. Surtinah, Tiara Putri Nabila Ariyatno, Widi Triana, Yudithia Marisa, Zainal Fikri dengan semangat dan tekad yang tinggi mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Majelis Taklim Al Fata, yang terletak di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. PKM ini bertema “Keselarasan Pancasila dan Nilai-nilai Agama” dengan tujuan yang kuat untuk mencapai hal-hal berikut:

Meningkatkan Pemahaman tentang Pancasila: Salah satu tujuan utama dari kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dosen dan mahasiswa dari Institut Agama Islam Jamiat Kheir akan menyampaikan materi tentang nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila, serta relevansinya dengan kehidupan beragama dan bermasyarakat. Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang Pancasila, diharapkan peserta dapat mengenali pentingnya keharmonisan antara nilai-nilai agama dan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Memperkuat Nilai-nilai Agama: Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai agama yang dianut oleh masyarakat. Melalui dialog, diskusi, dan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip agama yang berbeda, peserta PKM akan diberikan kesempatan untuk memperdalam keyakinan agama mereka dan menemukan kesamaan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Hal ini dapat membantu menciptakan pemahaman yang lebih luas tentang keberagaman agama di masyarakat, serta memperkuat toleransi dan saling menghormati antarumat beragama.

Membangun Kesadaran dan Penerimaan Antaragama: PKM ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran dan penerimaan antaragama di antara peserta dan masyarakat. Melalui interaksi langsung dengan anggota Majelis Taklim Al Fata, para mahasiswa akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang agama dan nilai-nilai yang diyakini. Dalam suasana saling menghormati dan menghargai, diharapkan akan tercipta pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan dan kesamaan antaragama, serta terbentuknya ikatan persaudaraan yang erat di antara mereka.

Mendorong Praktik Kehidupan Berpancasila: PKM ini bertujuan untuk mendorong peserta dan masyarakat agar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dan agama dalam kehidupan sehari-hari. Peserta akan diajak untuk merenungkan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat tercermin dalam tindakan nyata, baik dalam hubungan dengan sesama manusia, lingkungan, maupun dalam aktivitas ekonomi dan sosial. Dengan demikian, kegiatan ini berfungsi sebagai wadah untuk mempromosikan praktek kehidupan berpancasila dan beragama yang sejalan, saling melengkapi, dan memperkuat harmoni dalam masyarakat.

Melalui kegiatan PKM “Keselarasan Pancasila dan Nilai-nilai Agama”, tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan pemahaman tentang Pancasila, memperkuat nilai-nilai agama, membangun kesadaran dan penerimaan antaragama, serta mendorong praktik kehidupan berpancasila di masyarakat. Dosen dan mahasiswa Institut Agama Islam Jamiat Kheir berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi langkah konkret dalam memperkuat kebersamaan, persatuan, dan kerukunan di tengah keberagaman yang ada.

Selain tujuan-tujuan tersebut, kegiatan PKM “Keselarasan Pancasila dan Nilai-nilai Agama” juga bertujuan untuk:

Membangun Kesadaran akan Peran Pancasila dalam Menjaga Kerukunan: PKM ini ingin menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai landasan yang kuat untuk mempertahankan kerukunan dan persatuan di Indonesia. Peserta akan diberikan pemahaman tentang bagaimana nilai-nilai Pancasila, seperti persatuan, keadilan, demokrasi, dan kemanusiaan, dapat memberikan landasan yang kokoh dalam menjaga harmoni antarumat beragama dan kelompok masyarakat.

Meningkatkan Keterampilan Dialog Antaragama: Melalui kegiatan PKM ini, peserta akan dilibatkan dalam diskusi dan dialog antaragama. Mereka akan diajarkan keterampilan mendengarkan dengan empati, menghargai pandangan orang lain, dan mengatasi perbedaan yang mungkin timbul. Tujuan ini adalah untuk memperkuat kemampuan peserta dalam berkomunikasi secara efektif dan membangun hubungan harmonis di tengah perbedaan keyakinan.

Memperkuat Kemitraan dengan Majelis Taklim: PKM ini juga bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara Institut Agama Islam Jamiat Kheir dan Majelis Taklim Al Fata. Melalui kolaborasi yang erat dan saling mendukung, diharapkan terjalin hubungan yang berkelanjutan antara kedua pihak untuk melanjutkan program-program pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama lainnya yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

Mendorong Peran Aktif Masyarakat dalam Menjaga Kerukunan: Salah satu tujuan penting dari kegiatan ini adalah untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam menjaga kerukunan antaragama. Peserta akan diberikan pemahaman tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam membangun hubungan yang harmonis dan saling menghormati. Dengan demikian, diharapkan masyarakat akan merasa terpanggil untuk ikut serta dalam menjaga kerukunan di lingkungan mereka masing-masing.

Melalui pencapaian tujuan-tujuan ini, kegiatan PKM “Keselarasan Pancasila dan Nilai-nilai Agama” diharapkan dapat menciptakan kesadaran yang lebih baik tentang pentingnya keselarasan antara Pancasila dan nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lebih dari itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong penerapan nilai-nilai tersebut dalam tindakan nyata yang memperkuat kerukunan, persatuan, dan harmoni di masyarakat.

Menggali Potensi Kolaborasi: Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali potensi kolaborasi antara nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai agama dalam konteks pembangunan masyarakat. Peserta PKM akan diajak untuk mempertimbangkan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat saling melengkapi dan bekerja bersama untuk mencapai kemajuan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat secara holistik.

Membangun Jaringan dan Kemitraan: Selain memperkuat kemitraan dengan Majelis Taklim Al Fata, kegiatan ini juga dapat menjadi kesempatan untuk membangun jaringan dan kemitraan dengan pihak-pihak lain yang memiliki minat dan komitmen serupa dalam mempromosikan keselarasan antara Pancasila dan nilai-nilai agama. Dengan memperluas jaringan, institusi dan individu dapat bekerja sama untuk menghasilkan dampak yang lebih luas dan berkelanjutan dalam masyarakat.

Meningkatkan Kesadaran akan Nilai-nilai Luhur Bangsa: Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan kesadaran yang lebih kuat tentang nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang tercermin dalam Pancasila. Dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai ini, peserta akan menjadi agen perubahan yang mampu mempromosikan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari dan berkontribusi positif terhadap pembangunan bangsa.

Menyebarkan Pesan Kebhinekaan: PKM ini juga bertujuan untuk menyebarkan pesan kebhinekaan kepada masyarakat luas. Peserta PKM dapat menjadi duta dalam memperkuat pemahaman tentang pentingnya toleransi, pluralisme, dan penghormatan terhadap perbedaan dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis.

Melalui pencapaian tujuan-tujuan tambahan ini, kegiatan PKM “Keselarasan Pancasila dan Nilai-nilai Agama” dapat memberikan dampak yang lebih luas dalam membangun kerukunan antaragama, memperkuat jaringan kolaboratif, membangun kesadaran akan nilai-nilai luhur bangsa, dan menyebarkan pesan kebhinekaan kepada masyarakat.

Institut Agama Islam Jamiat Kheir proudly presents
21May

Institut Agama Islam Jamiat Kheir proudly presents

Webinar Pendidikan Internasional 2024 "Pengaruh Pendidikan Islam dalam Pembentukan Etika

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024
20May

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024 dan Relevansinya dengan

1 2 3 9