123 Tahun Khidmah untuk Pendidikan Sinergi untuk Reinvensi Keunggulan

“Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Workshop Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Kelas di SDN Duri Pulo 01 Pagi

  1. Home
  2. Berita
  3. “Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Workshop Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Kelas di SDN Duri Pulo 01 Pagi

Pada tanggal 17 Mei 2024, bertempat di SDN Duri Pulo 01 Pagi yang berlokasi di Jalan Setia Kawan III, Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, telah diselenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Kelas. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Bapak Hariyadi, M.Pd., dosen dari Institut Agama Islam Jamiat Kheir Jakarta.

Workshop ini diikuti oleh para guru SDN Duri Pulo 01 Pagi dengan antusiasme yang tinggi. Tujuan diselenggarakan workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam mengelola kelas agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan kondusif.

Dalam workshop ini, Bapak Hariyadi berbagi pengetahuan dan pengalaman beliau terkait strategi dan teknik pengelolaan kelas yang efektif. Para peserta juga berkesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai tantangan yang sering dihadapi dalam pengelolaan kelas dan solusi mengatasinya.

Kepala Sekolah SDN Duri Pulo 01 Pagi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Hariyadi atas kesediaannya berbagi ilmu dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Beliau berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.

Acara workshop yang berlangsung selama satu hari penuh ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari para peserta. Diharapkan melalui kegiatan ini, kompetensi guru dalam pengelolaan kelas dapat semakin meningkat sehingga berdampak positif pada kualitas pembelajaran di SDN Duri Pulo 01 Pagi secara khusus dan dunia pendidikan di Indonesia secara umum.”

“Kegiatan workshop ini memberikan manfaat yang signifikan bagi para guru SD Duri Pulo 01 Pagi. Melalui pemaparan materi dan sesi diskusi yang dipandu oleh Bapak Hariyadi, M.Pd., para guru memperoleh wawasan baru tentang strategi efektif dalam mengelola kelas. Mereka juga mendapatkan tips praktis untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.

Selain itu, workshop ini menjadi wadah bagi para guru untuk saling berbagi pengalaman dan best practices dalam pengelolaan kelas. Mereka bisa belajar dari rekan-rekan seprofesi tentang cara mengatasi berbagai tantangan yang kerap muncul di kelas. Sharing session ini membuka peluang kolaborasi dan sinergi antar guru dalam mengoptimalkan proses pembelajaran.

Dari perspektif akademis, workshop yang digagas oleh Bapak Hariyadi, M.Pd. ini berkontribusi positif dalam pengembangan ilmu pendidikan, khususnya di bidang manajemen kelas. Materi yang disampaikan berlandaskan riset-riset mutakhir dan pengalaman empiris, sehingga relevan dengan kebutuhan guru di lapangan.

Lebih luas lagi, inisiatif seperti ini dapat menjadi model bagi perguruan tinggi lain dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi antara dosen dan sekolah dalam bentuk workshop, pelatihan, atau pendampingan sejenis sangat dibutuhkan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dengan demikian, workshop peningkatan kompetensi pengelolaan kelas ini tidak hanya memberi manfaat bagi individu guru peserta, melainkan juga berkontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan dan penguatan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan sekolah. Inisiatif semacam ini perlu terus didukung dan dikembangkan demi terwujudnya pendidikan Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.” (red)

Institut Agama Islam Jamiat Kheir proudly presents
21May

Institut Agama Islam Jamiat Kheir proudly presents

Webinar Pendidikan Internasional 2024 "Pengaruh Pendidikan Islam dalam Pembentukan Etika

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024
20May

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024

Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024 dan Relevansinya dengan

1 2 3 9